Penelitian Deskriptif

3 min read

Pengertian Metode Penelitian Deskriptif

Pada aktivitas penelitian, yang dilakukan peneliti tidak hanya menyangkut pada pengolahan data dan jugu penghimpunan data, namun juga terdiri dari penafsiran dan analisis makna data. Seperti halnya pada penelitian deskriptif dimana data penelitian akan dibandingkan dari indikasi satu dengan indikasi lainnya.

Pengertian

Penelitian deskriptif adalah penelitian yang memiliki misi untuk mempresentasikan sebuah keterangan yang rinci mengenai lingkungan sosial, dimana hal tersebut akan menerangkan mengenai klarifikasi dari suatu kejadian atau fakta sosial yang ada. Caranya adalah dengan deskripsi variabel yang berkaitan dengan topik/masalah yang sedang diteliti.

Jenis penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berupaya untuk menggambarkan sebuah fenomena, indikasi, dari keadaan yang dialami saat ini. Dalam hal ini fokus utama dari penelitian deskriptif adalah pada masalah yang terjadi sekarang (aktual) atau saat penelitian diadakan.

Pada penelitian deskriptif, peneliti harus bisa menjelaskan secara gamblang mengenai subjek penelitian yang akan diteliti. Selanjutnya peneliti akan menghimpun informasi dengan pertanyaan siapa (who). Baca juga Wikipedia ,mengenai penelitian deskriptif.

Pengertian menurut para ahli

Metode Penelitian deskriptif adalah cara yang dipakai peneliti untuk memperoleh informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya pada objek penelitian pada suatu waktu yang telah ditetapkan. Hal tersebut merupakan pendapat dari Hidayat Syah.

Aa itu penelitian deskriptif, adalah bentuk penelitian yang digunakan untuk menggambarkan inti dari sebuah kejadian atau hal dibalik dari sebuah kejadian. Baik itu merupakan kejadian natural maupun kejadian yang ditimbulkan manusia. Bentuk kejadian itu pun bisa bermacam-macam diantaranya adalah aktivitas perubahan, perbedaan, sifat, persamaan antara kejadian satu dengan yang lain. Hal tersebut merupakan pendapat dari Sukmadinata.

Tujuan Penelitian Deskriptif

Misi atau tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi yang benar dan cermat mengenai sebuah grup, bisa mendeskripsikan cara kerja dari aktivitas atau interaksi, bisa menjelaskan secara detail mengenai data angka maupun verbal, memberikan data berlandaskan saling keterikatan, membuat kategorisasi mengenai subjek penelitian, menguraikan langkah dari suatu aktivitas, dan juga untuk membenahi data yang berkarakter kontradiktif dengan subjek penelitian.

Kriteria Penelitian

Kriteria Penelitian Deskriptif

Langkah Langkah Penelitian Deskriptif

Rumusan Masalah

Sudah menjadi kewajiban bahwa jenis metode penelitian pasti ada bagian ini (rumusan masalah), yaitu mengidentifikasi masalah dan memberikan pertanyaan penelitian yang mana jawaban akan ditemukan di lapangan. Pertanyaan yang diajukan harus berisi tentang variabel yang berhubungan dengan penelitian. Pada penelitian deskriptif, peneliti akan memastikan kapabilitas/kelayakan variabel satu dengan variabel lain.

Memilih Data yang Dibutuhkan

Pada bagian ini peneliti akan memilih informasi yang dibutuhkan untuk menjawab masalah yang sudah dibuat. Apakah data tersebut merupakan data kualitatif atau kuantitatif. Untuk lebih jelasnya simak perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Memilih Prosedur Penghimpunan Data

Terdapat dua elemen penelitian yang dibutuhkan, yaitu sumber sampel atau data dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian yang biasanya dipakai pada penelitian deskriptif adalah sosiometri, tes, observasi, wawancara dan kuesioner. Simak tautan berikut untuk lebih jelas mengenai instrumen penelitian. Dalam penghimpunan data perlu diingat bahwa setelah penghimpunan data tersebut, data harus diolah, sehingga data bisa digunakan untuk memperoleh kesimpulan dan menjawab pertanyaan dan permasalahan dalam penelitian.

Kesimpulan Penelitian

Pada bagian ini merupakan apa saja yang telah dilakukan dari langkah-langkah dalam penelitian. Peneliti akan membuat kesimpulan dari penelitian deskriptif dengan metode penggabungan setiap jawaban yang telah ditemukan dari menjawab pertanyaan yang ada dalam satu kesimpulan. Sehingga kesimpulan bisa dirinci secara sederhana dan menyeluruh.

Baca juga: Penelitian Eksperimen

Selain itu terdapat referensi lain dalam langkah-langkah penelitian deskriptif, berikut penjelasan yang ada di bawah ini.

Cara atau Metode dalam Membuat Penelitian Deskriptif

Karena sifatnya penelitian deskriptif nantinya akan menghasilkan penelitian berupa penjelasan, berikut panduan cara penelitian deskriptif.

    • Laksanakan identifikasi pada permasalahan, pertimbangkan apakah permasalahan tersebut sudah patut untuk diteliti.
    • Pastikan bahwa rumusan masalah sudah jelas.
    • Buat manfaat dan tujuan dari penelitian yang akan diteliti.
    • Cari referensi yang berhubungan dengan penelitian yang akan diteliti seperti melihat penelitian terdahulu, studi pustaka, buku, jurnal dsb. Ini bertujuan agar peneliti bisa lebih paham dan menguasai medan yang akan diteliti.
    • Ciptakan kerangka berpikir yang ditindaklanjuti dengan menyusun pertanyaan yang fundamental mengenai penelitian yang akan diteliti.
    • Buat aksi dengan menjemput data dan informasi yang ada di lapangan, ini bertujuan untuk menghimpun, menganalisis data. Pastikan data diolah dengan metode yang sesuai dan terukur.
    • Buat tafsir data yang telah didapat dan permasalahan yang sedang diteliti.
    • Buat generalisasi umum dengan cara penalaran dari data dan hipotesis yang sedang diteliti.
    • Ciptakan laporan.

Jenis Penelitian Deskriptif

Berdasarkan jenis masalah yang akan diteliti, instrumen yang dipakai dan lokasi waktu dilaksanakannya penelitian, penelitian deskripsi bisa terbagi dalam berbagai jenis, berikut diantaranya:

  1. Penelitian tindakan (action research)
  2. Metode survei
  3. Penelitian analisis pekerjaan dan aktivitas
  4. Penelitian studi kasus
  5. Metode deskriptif berkesinambungan
  6. Penelitian perpustakaan dan dokumenter

Contoh Penelitian Deskriptif

Kerap kali pada penelitian deskriptif terdapat ciri khas dalam awalan pertanyaannya, yakni apa. Berikut merupakan contoh penelitian deskriptif bila dilihat dari masalah atau pertanyaan yang diajukan.

  • Apa yang bisa membuat siswa nyaman dengan pembelajaran daring?
  • Apa yang dapat memotivasi siswa dalam mendisiplinkan diri pada saat pembelajaran daring dilaksanakan?
  • Apa usaha keluarga untuk bisa mendorong anaknya untuk tetap belajar di era sekarang ini?
  • Apa efek sosial dari penerapan pembelajaran daring di rumah?
  • Apa usaha kementerian pendidikan dalam memperlancar proses pembelajaran daring?

Kelebihan dan Kekurangan

Pada penelitian deskriptif terdapat baik buruknya berikut diantaranya.

Kelebihan

  • Penelitian deskriptif dapat memperoleh hasil analisis yang baik pada tema yang rumit dan tidak dapat dianalisis dengan menggunakan angka.
  • Bisa melaksanakan observasi pada situasi nyata atau apa adanya.
  • Bisa memadukan penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Kekurangan

  • Merupakan penelitian yang tidak memiliki karakter signifikan.
  • Sangat memungkinkan adanya bias karena karakternya dalam penghimpunan data merupakan subjektif.
  • Dalam konfirmasi atau verifikasi ulang akan rumit dan sulit, ini disebabkan karakteristiknya yang berlandaskan observasi yang kontekstual.

Kesimpulan

Berlandaskan pernyataan di atas bila dijabarkan penelitian ini tepat seperti namanya yakni deskriptif, dimana peneliti akan mengungkapkan deskripsi, pengertian, penjelasan dan verifikasi terhadap masalah yang sedang diteliti.

Eskripsi. pengertian, penjabaran dan verifikasi tersebut akan didapat peneliti sesudah menggambarkan, mendeskripsikan dan menjabarkan sifat dari objek yang sedang diteliti.

Laporan Penelitian

Harys
3 min read

Analisis Data

Harys
8 min read

Purposive Sampling

Harys
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *