Tujuan dan Manfaat Penelitian

2 min read

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ialah perwujudan dari tujuan penelitian yang telah tercapai. Maka dari itu mari kita bahas apa itu tujuan penelitian secara mendasar dan umum.

Tujuan Penelitian

Misi atau tujuan penelitian adalah rangkuman rangkaian kata yang mengidentifikasikan dari hasil penelitian. Tujuan penelitian bisa didapat sesudah penelitian rampung, yang merupakan sesuatu yang bisa diraih dan dicapai pada penelitian.

Sementara itu pengertian dari rangkuman tujuan adalah pencetusan sebuah cita-cita dari peneliti untuk mendapatkan solusi pada penelitian yang dikerjakan. Maka dari itu rangkuman tujuan harus sesuai dengan identifikasi masalah yang ada, rangkuman masalah dan refleksi yang relevan dengan aktivitas penelitian.

Secara singkat Tujuan penelitian adalah memperoleh rumusan hasil dari penelitian dengan cara menemukan, melacak, mengembangkan dan bisa diuji pada teori/pengetahuan.

Sebuah penelitian memiliki standar tertentu bila ingin diklasifikasikan sebagai penelitian yang baik. Standar tersebut haruslah bisa mengukur, membatasi, dan menguji hasil dan proses penelitian yang dilaksanakan.

Agar penelitian tidak melenceng dan bisa lebih efektif berikut merupakan tujuan penelitian secara umum:

  • Untuk memperoleh sebuah solusi, aplikasi dan pengetahuan baru pada bidang tertentu.
  • Bisa untuk menguji kevalidan dari pengetahuan yang sudah ada (terdahulu).
  • Bisa untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada (terdahulu).

Selain tujuan penelitian secara umum yang ada diatas, disini juga akan dijelaskan secara lebih detail dua jenis tujuan penelitian. Diantaranya adalah:

Penelitian Ilmiah

Pada penelitian ilmiah, penelitian adalah sebuah proses usaha untuk bisa memperoleh sesuatu yang baru dan hasilnya bisa dikembangkan. Namun pengetahuan yang diperoleh pada penelitian ini bisa dipakai secara langsung. Sebab bentuk dari penelitian ilmiah adalah teori dan pemecahan masalah. Penelitian ini seringkali dinamakan dengan aktivitas penelitian dasar (basic research).

Penelitian Praktis

Bisa juga disebut pragmatis, merupakan penelitian yang lebih mengutamakan hasil yang bisa dipakai secara pas dan lasungung pada kehidupan. Jenis penelitian ini bisa juga disebut sebagai penelitian terapan (applied research). Pada penelitian ini lebih berfungsi untuk mengetahui nilai pada objek.

Cermati juga: Kontribusi Penelitian

Manfaat Penelitian

Seperti yang telah diungkapkan pada awal tulisan bahwa manfaat penelitian adalah imbas dari diperolehnya tujuan. Bila sebuah tujuan penelitian bisa diperoleh dan topik/masalah mendapatkan solusi yang tepat, maka penelitian dengan sendirinya akan ada manfaatnya baik secara teori dan aplikasi (penerapannya).

Secara umum memang manfaat penelitian memang adalah untuk memecahkan masalah dan mendapatkan solusi baik secara langsung untuk penerapan maupun sebagai konsep teori. Berikut merupakan manfaat penelitian lain yang bisa didapat:

  • Penelitian merupakan sumber dari pengetahuan, sehingga bisa memberikan pedoman untuk memecahkan masalah, mendapatkan jawaban dan memperoleh solusi.
  • Ilmuwan akan memperoleh wawasan, pengetahuan dan cara berpikir baru mengenai masalah yang diteliti.
  • Hasil dari penelitian bisa digunakan sebagai langkah awal penentuan dalam mendapatkan sebab dari masalah yang terjadi. Sehingga solusi dari sebuah masalah bisa diselesaikan dengan lebih bervariatif dan kreatif.
  • Hasil dari penelitian bisa dimanfaatkan untuk pondasi awal untuk merancang pengembangan, perbaikan dan perubahan pada penelitian selanjutnya.
  • Penelitian sangat bermanfaat pada sebuah bisnis, organisasi, lembaga dan industri untuk bisa mencapai produktivitas yang tinggi dan bisa meningkatkan kualitas produk.
  • Efek dari penelitian bisa mempengaruhi gaya hidup manusia bila telah dipublikasikan, sehingga kehidupan bisa lebih menyenangkan dan sejahtera. Ini bisa disimak pada penelitian teknologi dimana smartphone dan komputer bisa hadir di dunia ini berkat penelitian yang terus menerus.
  • Pada pengembangan dan aktivitas penelitian sosial, hasil penelitian sosial bisa untuk menemukan jawaban baru dari masalah sosial yang ada. Sehingga fenomena sosial bisa terjelaskan dan solusi dari masalah sosial bisa didapatkan.
  • Penelitian dapat menjadi sumber referensi bagi setiap kebijakan pemerintah. Misalnya, bila penelitian tentang suatu penyakit bisa ditangani dengan penelitian terbaru maka pemerintah pasti akan lebih mudah mengatur kebijakan baru.
  • Dengan adanya penelitian, identifikasi dan karakteristik pada makhluk hidup, fenomena alam baru, tempat tinggal dan bahan pangan baru akan bisa dijabarkan dan diketahui.
  • Salah satu diadakannya penelitian adalah adanya masalah dalam kehidupan pada masyarakat komunitas ilmiah, organisasi pemerintah, industri dll. Situasi tersebut bisa teratasi dengan adanya penelitian secara teoritis maupun praktis. Sehingga masalah bisa dipahami dengan baik dan solusi alternatif dari setiap masalah akan muncul.

Perhatikan juga: Jenis Penelitian

Kesimpulan

Dari dasar di atas bila dilanjutkan dan ditarik kesimpulannya, esensi dari manfaat penelitian adalah pengaruh yang dapat diperoleh dari penelitian untuk masyarakat dan sekitarnya. DImana penelitian bisa mengubah kondisi, situasi, masalah, kejadian menjadi lebih baik, terutama kepada masyarakat.

Manfaat Membaca Karya Ilmiah

Harys
2 min read

Pendekatan Penelitian

Harys
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *