Kontribusi Penelitian

2 min read

Kontribusi Penelitian

Kontribusi penelitian sangatlah berbeda dengan manfaat penelitian. Pernyataan tersebut dilakukan di awal paragraf ini karena banyak yang menyangka bahwa kontribusi dengan manfaat dalam sebuah penelitian itu sama, meskipun secara harfiah itu memiliki arti sama namun dalam maksud dan pelaksanaanya itu berbeda.

Penjelasan dan Pengertian

Maksud dari kontribusi penelitian adalah perbaikan dari metode, ilmu pengetahuan, cara, model dan algoritma. Hal tersebut sering disebut method improvement yang dilakukan oleh peneliti. Bila yang dimaksud adalah kontribusi kepada masyarakat atau lingkungan ini dinamakan manfaat penelitian bukan kontribusi penelitian.

Kontribusi penelitian berfokus pada cara peneliti untuk mengembangkan metode, perbaikan yang lebih pada orisinalitas dan kebaruan pada metode yang sedang dikembangkan dalam penelitian.

Penyempurnaan model, algoritma dan metode yang dilakukan peneliti selanjutnya akan dinilai dan diperbaiki. Di mana nantinya hal tersebut dapat dibuktikan bahwa penyempurnaan bisa membuat model, algoritma dan metode lebih keren dan sempurna (efektif,presisi,tepat).

Berdasarkan penguraian di atas disimpulkan bahwa pengertian dari kontribusi penelitian adalah kontribusi kepada pengetahuan yang mencakup penyempurnaan atau perbaikan yang dilaksanakan, atau kontribusi kepada orisinalitas/kebaruan pada penelitian yang sedang dilaksanakan.

Ini juga dikuatkan oleh pernyataan (Berndtsson et al., 2008) bahwa penelitian adalah aktivitas penyelidikan dan pemeriksaan yang teliti dan sistematis pada suatu bidang, dengan tujuan untuk memperoleh atau memperbaiki aplikasi, teori, fakta dsb.

Menentukan Mengetahui Apa itu (Cara) Kontribusi dalam Penelitian

Banyak peneliti atau mahasiswa yang terperangkap pada maksud dari kontribusi penelitian, dimana kontribusi adalah kegunaan kepada lingkup masyarakat. Namun arti dari kontribusi pada masyarakat lebih cenderung sulit untuk dinilai dan diukur keabsahannya, sebab dalam lingkup kontribusi ke masyarakat lebih diartikan pada tujuan penelitian dan manfaat penelitian.

Dalam hal ini (kontribusi penelitian) peneliti wajib fokus pada tujuan penelitian yang bermanfaat/kontribusi kepada pengetahuan itu sendiri. Sehingga dalam upayanya pengetahuan bisa lebih berkembang dan efisien, efektif, sehingga secara tidak langsung juga akan berimbas pada manfaat untuk masyarakat juga.

Untuk mengetahui mana yang disebut kontribusi dan mana yang tidak merupakan perkara yang sangat gampang. Berdasarkan pernyataan Dawson bahwa Anda bisa menjadi original dengan dua cara, yaitu pertama dengan cara melakukan sesuatu. Kedua Anda bisa menjadi original dengan memproduksi atau mengembangkan sesuatu yang belum pernah diproduksi (dibuat) sebelumnya.

Jika diuraikan secara sederhana, peneliti bisa mempunyai orisinalitas pada dua hal. Satu pembaharuan model/metode/cara yang dipakai, misalnya adalah masalah penelitian tidak perlu baru. Kedua penentuan masalah penelitian yang dipilih metode/model/caranya tidak perlu baru.

Bagi pemula dalam penelitian dalam kontribusi penelitian adalah pemula harus fokus pada originalitas/penyempurnaan metode daripada penyempurnaan/orisinalitas masalah. Ini dikarenakan menemukan masalah penelitian baru cenderung lebih susah untuk ditemukan. Ini kecuali bila peneliti sudah lama dalam menjerjuni bidang yang dimaksud.

Kebaruan atau penyempurnaan masalah penelitian yang diusulkan, terkadang banyak yang kurang percaya saat fakta empiris tidak dibarengi dalam paket usulan tersebut.

Berikut beberapa contoh yang bisa disebut dalam kontribusi penelitian dan mana yang bukan dalam kontribusi penelitian. Selanjutnya juga mana yang merupakan penyempurnaan metode dan penyempurnaan masalah penelitian.

Lihat juga: Masalah Penelitian

Contoh Kontribusi Penelitian

Penelitian pada Kontribusi Masalah

  • Judul: Penerapan Metode Algoritma Corelap Untuk Menentukan Tata Letak Pabrik Semen Maju Jaya dengan Kriteria Lebar, Dalam, Tinggi dan Kekuatan Pondasi
  • Metode: Algoritma Corelap
  • Kontribusi Pada Masalah: Penentuan Tata Letak pabrik dengan 4 Kriteria yang biasanya hanya memakai 2 kriteria.

Penelitian Pada Kontribusi Metode

  • Judul: Penerapan Metode ABC pada Algoritma Corelap untuk Penentuan Tata Letak Pabrik Semen Maju Jaya
  • Kontribusi Pada Metode: Penerapan Metode ABC pada Algoritma Corelap
  • Masalah: Penentuan Tata Letak Pabrik Semen Maju Jaya

Contoh Penelitian Tanpa Kontribusi

  • Judul: Penerapan Algoritma  Corelap untuk Penentuan Tata Letak Pabrik Semen Maju Jaya di Jayapura
  • Judul: Penerapan Algoritma  Corelap untuk Penentuan Tata Letak Pabrik Semen Mundur Jaya di Kebumen
  • Judul: Penerapan Algoritma  Corelap untuk Penentuan Tata Letak Pabrik Semen Sari Jaya di Samarinda

Cermati juga: State of The Art

Kesimpulan

Berdasarkan apa yang telah disampaikan di atas bisa dikatakan bahwa kontribusi penelitian adalah segala sesuatu yang dilaksanakan untuk membantu menghasilkan produk dengan menemukan metode atau masalah baru yang disempurnakan ataupun original.

Secara sederhana pengertian kontribusi itu sendiri merupakan bentuk sumbangan yang bisa membantu atau mendorong sebuah entitas. Kontribusi bisa dilaksanakan secara individu maupun kolektif. Kontribusi yang telah ada ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan maupun penelitian.

Sehingga kedepannya peneliti selanjutnya bisa mengatasi segala problem atau masalah isu topik dengan lebih efektif dan efisien. Maka secara tidak langsung peneliti bisa memberdayakan metode terbarunya tersebut untuk kepentingan masyarakat, meskipun manfaatnya tidak dirasa secara langsung.

Demikian semoga dengan tulisan ini, peneliti bisa memahami apa itu perbedaan kontribusi penelitian yang terdapat dalam penelitian.

Analisis Korelasi

Harys
2 min read

Manfaat Membaca Karya Ilmiah

Harys
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *