Sistematika Penelitian

1 min read

sistematika penelitian dan penulisan

Untuk menulis sebuah hasil penelitian, peneliti harus menulisnya dengan urut, terstruktur dan sistematis. Hal tersebutlah yang melatar belakangi adanya sebuah sistematika penelitian.

Di mana didalamnya terdapat penguraian secara deskriptif mengenai apa yang akan ditulis/dilaporkan dalam penelitian.

Dalam sistematika penelitian merupakan rangkain dari laporan penelitian yang bisa dilihat di tautan tersebut. Secara umum sistematika memiliki urutan awal, isi dan akhir.

Pengertian

Sistematika penelitian adalah sebuah kerangka yang nantinya akan berisi mengenai laporan penelitian yang berfungsi sebagai dokumen persetujuan. Sistematika penelitian akan berisi mengenai judul, isi serta daftar pustaka. Dimana dalam isi tersebut akan menguraikan mengenai bagaimana, mengapa dan apa penelitian dilaksanakan.

Format atau Sistematika Penelitian

Berikut merupakan sistematika laporan penelitian secara singkat bisa dilihat pada tautan laporan penelitian dan kerangka penelitian. Dan juga gambar berikut:

sistematika laporan penelitian

Penjelasan Sistematika Penelitian

Ini merupakan penjelasan mengenai apa saja yang harus dilakukan pada setiap bab bagian.

I PENDAHULUAN

Bagian awal ini merupakan dasar dan acuan dalam melakukan penelitian. Pada bab ini terdapat mekanisme penelitian yang menjabarkan secara runtut aktivitas penelitian mulai dari latar belakang, rumusan masalah, manfaat dan tujuan penelitian.

II LANDASAN TEORI/TINJAUAN PUSTAKA

Pada bagian ini merupakan teori dari penelitian yang berupa definisi dan pengertian yang bersumber dari penelitian terdahulu, buku atau penelitian yang berhubungan dengan penelitian yang dikerjakan.

III PEMBAHASAN

Hal yang dikerjakan pada bagian ini adalah peneliti akan mendeskripsikan dan menggambarkan penelitian secara mendalam mulai dari asal usul, struktur, masalah yang dihadapi, cara memecahkan masalah, menganalisa permasalahan hingga metodologi yang digunakan.

IV METODOLOGI PERANCANGAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI

Pada bagian ini akan menguraikan tentang sistem yang akan dianalisa dengan cara disusun dan diurutkan menggunakan mind map. Sistem yang akan diterapkan ini akan menjelaskan secara rinci mengenai sebab asal muasal hingga menjabarkan secara detail mengenai konsep yang diusulkan.

BAB V PENUTUP

Bagian akhir ini akan mengungkapkan saran dan kesimpulan yang berhubungan dengan penelitian. Bagian ini merupakan hasil dari identifikasi masalah, analisis dan pemecahan masalah yang telah dilakukan pada bagian sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

*Pada bagian lampiran ini bisa diikutsertakan bila memang sangat diperlukan untuk menunjang penelitian.

Kesimpulan

Penguasaan dasar mengenai sistematika penelitian merupakan hal yang penting bagi setiap ilmuwan atau peneliti. Ini agar setiap pemahaman teknis, cara & bagaimana dalam menulis penelitian bisa lebih efektif.

Pada contoh diatas merupakan sistematika yang sederhana, pembaca bisa melihat sumber lain agar wawasan mengenai sistematika penelitian bisa lebih banyak. Sehingga hasil penelitian bisa lebih baik.

Laporan Penelitian

Harys
3 min read

Analisis Data

Harys
8 min read

Purposive Sampling

Harys
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *