Penelitian Terdahulu

1 min read

Penelitian Terdahulu

Penelitian terdahulu merupakan salah satu referensi dasar ketika melaksanakan sebuah penelitian. Karena penelitian terdahulu memiliki fungsi untuk memperluas dan memperdalam teori yang akan dipakai dalam kajian penelitian yang akan dilakukan.

Pengertian

Secara umum pengertian penelitian terdahulu adalah sumber lampau dari hasil penelitian yang nantinya diusahakan oleh peneliti untuk membandingkan penelitian yang akan dilaksanakan.

Penelitian terdahulu juga bisa berfungsi sebagai sumber inspirasi yang nantinya membantu pelaksanaan penelitian. Selain itu peneliti juga bisa memeriksa apa yang kurang dan kelebihan untuk dikembangkan. Sehingga ilmuwan juga bisa membuat sebuah penelitian yang orisinil/baru karena tahu mana yang sudah ditemukan dan mana yang belum.

Manfaat

Pada penelitian terdahulu bermanfaat bila judul penelitian yang ditemukan sangat berhubungan dengan penelitian yang akan dieksekusi.

Seringkali penelitian terdahulu yang dipakai merupakan penelitian yang terlibat secara langsung dengan penelitian yang dilaksanakan. Contohnya adalah penelitian mengenai pembelajaran di kelas, secara tidak langsung peneliti juga harus mencari topik yang terkait dengan pembelajaran di kelas.

Hal tersebut berfungsi agar penelitian bisa mempunyai hasil maksimal, karena terdapat tujuan penelitian untuk mengembangkan penelitian, memperbaharui aplikasi penelitian dan bahkan membuat penelitian original dengan solusi mutakhir.

Dengan adanya penelitian terdahulu peneliti juga bisa mengetahui tentang plagiasi dan memacu peneliti untuk meneliti dan memperoleh solusi yang baru dan original.

Tujuan adanya (pencatatan) penelitian terdahulu dalam sebuah penelitian atau dalam karya penelitian adalah agar akar keilmuan yang telah dilakukan oleh ilmuwan terdahulu bisa diteruskan dan bisa menghasilkan penelitian yang baru. Sehingga setiap solusi yang ada bisa bermanfaat dan tidak sia-sia dengan pengulangan yang tidak perlu.

Secara sederhana dengan mengetahui penelitian terdahulu, peneliti akan gampang memilih sumbangan apa yang akan dilakukan/diciptakan dengan penelitiannya.

Masalah yang  kerap hadir adalah kurangnya penelitian yang serupa di masa lalu padahal penelitian serupa sudah ada namun dengan nama atau istilah yang berbeda. Sehingga membuat peneliti merasa bahwa penelitian yang dilakukan sekarang adalah karya original dan benar-benar baru.

Solusi yang bisa ditawarkan dari permasalahan diatas adalah dengan kritis, tekun dan sabar dalam mencari penelitian terdahulu yang serupa.

Baca juga: Etika Penelitian

Cara mencari penelitian terdahulu

Ketika ingin membuat atau mencari penelitian terdahulu yang bisa dilakukan adalah menuju pusat-pusat jurnal ilmiah atau ke perpustakaan. Ini lebih efektif ketimbang mencarinya di pencarian internet, karena data yang ditampilkan akan sangat berbeda.

Biasanya mahasiswa akan membuat landasan teori atau tinjauan pustaka dengan memeriksa penelitian terdahulu pada bab dua. Pada bagian intro bab dua tersebut akan memuat pengertian mengenai apa yang diteliti dan sumber landasanya. Selanjutnya akan menyertakan tabel perbandingan antara penelitian terdahulu dengan sekarang.

Sebagian besar penelitian terdahulu merupakan penelitian yang dipublikasikan dan disebarluaskan di masa lalu yang melaporkan hasil temuan dari penelitian.

Hal tersebut bisa berbentuk uji hipotesis, uji prinsip teori dan juga peneliti yang mencoba untuk menjawab pertanyaan penelitian tertentu.

Sebagian besar penelitian diterbitkan dalam bentuk jurnal, namun terkadang temuan penelitian disebarluaskan sebagai laporan independen, monograf, buku atau bab dalam buku.

Laporan Penelitian

Harys
3 min read

Analisis Data

Harys
8 min read

Purposive Sampling

Harys
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *